Ciri-Ciri Seorang Entrepreneurship

DiketikNews - Pernahkah Anda merasa bahwa diri Anda adalah seorang entrepreneur? Entrepreneur memang merupakan sebuah predikat tinggi bagi seorang wirausaha, dengan memiliki titile entrepreneur berarti orang tersebut telah memiliki sikap positif seorang entrepreneur.

Berikut ini adalah 10 ciri-ciri seorang seorang entrepreneur yang dikumpulkan dari berbagai sumber.
  1. Selalu mencari peluang. Ini adalah suatu definisi awal tentang seorang entrepreneur. Setiap masalah yang Anda rasakan, lihat, dengar adalah sebuah peluang.
  2. Siapkah Anda bekerja sepanjang waktu, setiap hari, dan waktu yang tidak bisa ditentukan? Seorang enrepreneur bekerja bukan 9 – 5, terkadang 9 – 9 , bahkan 9 – 2.
  3. Kesehatan yang baik. Anda tidak dapat menjawab “Ya” pada nomor 2 diatas, sebelum Anda diberikan kesehatan dan disiplin sepanjang waktu.
  4. Anda memilik jasa atau produk yang unik? Kebanyakan entrepreneur memiliki segudang ide, dan kebanyakan belum dipikirkan orang lain. Namun mengalami dilema tidak tahu mana yang harus dipilih. Triknya adalah mencari satu ide yang benar-benar menjanjikan dan memiliki disiplin untuk tidak memilih ide yang lain.
  5. Apakah Anda mau melakukan pengorbanan saat ini untuk kesuksesan jangka panjang? Jangan heran ketika orang-orang di sekitar Anda mulai bertanya “apa kamu masih waras?” karena mereka melihat kehidupan Anda tidak seperti orang normal, jam kerja tidak teratur, mereka mungkin benar, tetapi Anda tahu bahwa Anda melakukannya untuk kesuksesan jangka panjang.
  6. Kejujuran dan Integritas. Seringkali kita memiliki partner atau rekan kerja tanpa kontrak secara legal. Ini dikarenakan Anda harus bergerak cepat, dan pada akhirnya Anda tidak punya landasan hukum jika terjadi sesuatu. Maka, Anda harus bekerja dengan sesorang yang jujur dan memiliki integritas. Artinya, Anda sendiri mutlak harus memiliki kejujuran dan integritas tinggi.
  7. Anda memiliki visi jauh ke depan, tetapi punya kemampuan untuk fokus pada apa yang Anda lakukan saat ini. Seorang entrepreneur adalah campuran dari : seorang pemimpi, seorang yang kadangkala tidak realistis, dan punya keinginan kuat untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Anda harus fokus pada apa yang Anda lakukan saat ini sambil melihat ’sesuatu yang besar’, serta seringkali mengabaikan istirahat. “Fokus pada apa yang Anda lakukan saat ini” adalah hal-hal rutin yang harus Anda siapkan untuk bertahan dalam dunia bisnis seperti membuat proposal, mempresentasikan project, melobi partner dan melakukan penagihan project. “Memiliki visi jauh ke depan” adalah apa yang akan Anda bangun 10 tahun dari sekarang. Kita tidak tau apa yang terjadi minggu ini, bulan depan, apalagi setahun kedepan. Waktu kedepan sama sekali kita tidak tau. Namun, kelanjutan tren jangka panjang sebenarnya dapat dilihat, walaupun waktu persisnya kita tidak tahu.
  8. Percaya diri sebagai seorang entrepreneur dan bangga terhadap visi Anda. Tunjukkanlah bahwa anda bangga terhadap visi Anda! Dengan demikian orang-orang yang percaya kepada visi Anda akan datang mendekat.
  9. Disiplin. Ini sangat erat kaitannya dengan banyak sifat di daftar ini, Anda harus disiplin dalam memperhatikan kesehatan (nomor 2), maka Anda bisa bekerja keras (nomor 3), jadi Anda bisa fokus pada satu produk atau jasa yang telah Anda pilih (nomor 4)
  10. Siap untuk bilang, “Saya tidak tahu, tapi akan saya pikirkan.” Entrepreneur harus seorang generalist. Mereka menguasai satu hal dengan sangat baik, tetapi ia harus tahu tentang banyak hal lainnya, karena terkadang ia harus melakukan semuanya sendiri, seperti pembukuan, merekrut orang, melakukan penjualan, entrepreneur juga harus memiliki kemampuan mengambil keputusan yang baik, misalnya harus menggaji offshore merchant account orang yang benar untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Ditulis Oleh : Diketik Berita Hari: 7:13 AM Kategori: