Cara Mendidik Anak Yang Baik

DiketikNews - Sulit untuk menyangkal pentingnya disiplin. “Disiplin harus dilakukan dengan membudayakan anak Anda sehingga mereka dapat hidup di masyarakat. Namun banyak anak-anak berulang kali menguji batas kesabaran orangtua mereka. Ketika tiba saatnya untuk mendisiplinkan anak, anda harus pahami bahwa tidak ada perbaikan yang cepat dan tidak ada hal yang ajaib. Dalam bebrapa waktu yang lalu, kita telah membaca tentang Kesalahan Dalam Mendidik Anak, dan untuk topik kali ini, mari kita ulas tentang Cara Mendidik Anak Yang Benar.

Jika Anda, seperti kebanyakan orangtua, telah mencoba untuk anak-anak disiplin yang tidak mau mendengarkan, momymilk berharap artikel ini dapat membantu Anda.

Tips Mendidik Anak yang ke 1 : Reward untuk Perilaku yang Baik
Ketika hukuman adalah menjadi pusat dari disiplin, orang tua cenderung mengabaikan perilaku anak-anak mereka yang terbaik. “Anda akan mendapatkan lebih banyak dengan penguatan positif dari penguatan negatif. Perbuatan baik Menghargai target perilaku yang Anda ingin kembangkan pada anak Anda, bukan hal yang tidak seharusnya dilakukan.

Ini tidak berarti Anda harus memberikan anak Anda satu toples cokelat setiap kali ia melakukan hal yang baik. Ada nilai penguatan positif yang bisa anda lakukan misalnya Anda mengatakan bahwa anda beruntuk dan bahagia ketika anak anda melakukan pekerjaan membersihkan rumah dan merapikan tempat tidurnya. Dan ada saat-saat ketika anak Anda melakukan sesuatu yang luar biasa yang dapat menjamin hadiah yang lebih besar yang akan anda berikan.

Tips Mendidik Anak yang ke 2 : Hapuslah Tentang Aturan


Jika aturan tidak jelas, atau dibahas hanya ketika seseorang telah melanggarnya, anak Anda akan memiliki waktu yang sulit mengikuti mereka. “Terserah orang tua untuk membuat jelas apa yang diharapkan dari anak dan apa yang tidak. Pastikan untuk menjelaskan aturan rumah ketika Anda dapat berbicara dengan jelas dan anak Anda tidak terlalu marah untuk mendengarkan.

Dalam hal ini sebaiknya anda bisa berlatih mendisiplinkan anak ketika anda sedang bekerja atau melakukan aktivitas dan membutuhkan bantuan. Misalnya, bila Anda memiliki 30 menit untuk cadangan waktu yang anda perlukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, anda bisa mengganggu anak anda yang sedang bermain dan katakan padanya Anda memerlukan bantuan dengan sesuatu. Ajak agar dia membantu, dan melakukan tugas dengan cepat dan mudah bersama-sama dan anda bisa membiarkan dia kembali ke permainannya. Jika dia marah-marah, Anda punya waktu untuk berurusan dengan itu. “Jika Anda melakukan itu setiap sekali-sekali, anak Anda akan mengerti bahwa ketika mama mengatakan bahwa anak anda harus meletakkan mainannya dan membantu anda,  maka dia akan terbiasa untuk melakukannya.

Tips Mendidik Anak yang ke 3 : Menetralisir Argumen

Bagaimana Anda berurusan dengan seorang anak yang ingin berdebat menjadi tunduk? Ini jelas tidak ada kemenangan dalam adu argumen. Justru akan menjadikankan semuanya semakin berantakan.

Sebaliknya, anda bisa sedikit berbicara, tetap mengalah tapi sedikit tegas. Misalnya, jika anak Anda mengatakan, “Ini tidak adil,” anda bisa berkata, “Aku tahu.” Jika anak Anda mengatakan, “Semua teman-teman saya bisa memiliki hal ini,” anda cukup mengatakan, “Aku tahu.” Atau Anda dapat menggunakan frase, “Dan apa yang saya katakan?” untuk menegakkan aturan yang telah didiskusikan dengan anak Anda. Kadang-kadang Anda hanya membutuhkan sedikit ucapan dengan tujuan bahwa maksud Anda menjadi lebih jelas.

Tips Mendidik Anak yang ke 4 : Waktu Beli Diri

Anda mungkin telah membaca bahwa anak-anak perlu mengalami konsekuensi dari tindakan mereka sesegera mungkin. Dan mungkin Anda pernah mendengar bahwa orang tua harus tenang dalam mendisiplinkan anak-anak mereka. Pada kenyataannya, Anda mungkin tidak dapat tetap tenang dan bereaksi segera.

Luangkan waktu untuk menenangkan diri sebelum Anda berurusan dengan situasi tersebut. Anda dapat memberitahu anak Anda, “Wow, keputusan yang buruk aku butuh waktu untuk mencari tahu apa yang akan saya lakukan tentang hal itu..” Ketika emosi Anda di cek, mengekspresikan empati bagi anak Anda terlebih dahulu, kemudian memberikan konsekuensi. Empati memberikan kamar anak Anda untuk menghubungkan perilaku ke hasilnya. Anda tidak perlu marah pada anak-anak, Anda tidak perlu berteriak. Karena hal ini hanya memungkinkan untuk menjadi masalah bagi mereka.

Tips Mendidik Anak yang Ke 5 : Jadilah Konsisten Tentang Aturan

Kadang-kadang menngikuti aturan ini sebagai tantangan bagi orang tua seperti itu untuk anak-anak. Banyak kita melihat bahwa orang tua terlalu banyak memberikan “pipi” lain ketika anak-anak mereka melakukan kesalahan lagi atau bertindak keluar batas. Banyak orangtua yang tidak konsisten dalam menegakkan aturan. Tidak menegakkan aturan Anda sendiri menempatkan semua yang anda katakan dipertanyakan. Jika anak-anak tidak tahu apa yang diharapkan dari orang tua mereka, mereka tidak pernah benar-benar tahu apa aturannya.

Anda mungkin ingin mundur karena takut merusak menyenangkan anak Anda. Perlu diketahui bahwa anak-anak mendapatkan keuntungan dari batas. Aturan dan struktur memberikan anak-anak keamanan untuk mengetahui bahwa orangtua mereka tetap mengawasi mereka. Bagi anak yang lebih tua, Anda dapat mengambil pendekatan yang lebih fleksibel. Sekitar usia 9 dan 12, anak-anak harus mendapatkan sedikit kelonggaran untuk menguji aturan. Tapi selalu berhati-hatilah tentang keselamatan.

Tips Mendidik Anak yang ke 6: Model Perilaku Baik
Suka atau tidak, anak-anak Anda menonton Anda. Anda dapat membagikan  nasihat sebanyak yang Anda inginkan, tetapi perilaku pribadi Anda membuat kesan yang lebih kekal daripada kata-kata Anda. Nomor satu cara manusia belajar adalah melalui imitasi dan copy. Jika Anda ingin anak Anda untuk bersikap jujur, pastikan Anda berlatih kejujuran. Jika Anda ingin anak Anda untuk bersikap sopan, biarkan dia melihat sikap terbaik Anda, di rumah dan di depan umum.

Faktanya adalah, membesarkan anak-anak dengan disiplin tidak mudah. Meskipun upaya terbaik Anda, akan selalu ada hari baik dan hari buruk. Yang perlu ditekankan adalah anda harus ingat bahwa “Anda adalah cermin bagi anak anda..!!”

Ditulis Oleh : Diketik Berita Hari: 4:38 AM Kategori: